RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP
NEGERI 1 SIDAMANIK
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : IX/II
Materi
Pokok : Teks Khusus dalam Bentuk
Iklan
Alokasi
Waktu :2 X 40 Menit
(1 Pertemuaan)
Pertemuan
ke- : 1 (Pertama)
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI-1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI-2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
KI-3
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI-4
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori.
|
B.
Kompetensi Dasar
Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta
informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.10.1 Menganalisis fungsi sosial dari beberapa teks tertulis khusus
iklan
produk dan jasa baik dalam bentuk iklan kolom maupun iklan baris
3.10.2 Menyimpulkan perbedaan dan persamaan struktur teks tertulis iklan produk dan jasa pada
iklan kolom dan iklan baris
|
4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus
dalam bentuk iklan, pendek dan
sederhana, terkait produk dan jasa
|
4.10.1 Menemukan beragam informasi dari
beberapa teks tertulis khusus berbentuk
iklan produk dan jasa
4.10.2 Mempresentasikan hasil analisis secara lisan di depan kelas
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melalukan serangkaian kegiatan
pembelajaran melalui Pendekatan Saintifik model Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu mengomunikasikan
berbagai informasi secara terintegrasi lisan dan tulis tentang iklan barang dan
jasa secara konstekstual terkait fungsi sosial dan struktur teks iklan dengan
teliti, percaya diri, disiplin, dan bertanggung jawab dengan ketepatan minimal
72%.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler: Writtten advertisement
1. Materi Pembelajaran Reguler: Writtten advertisement
ADVERTISEMENT
The
lesson is focused on written advertisement that students can found easily on
newspapers. There are two kinds of written advertisements that are going to be
learnt. They are display and classified advertisements.
a)
Social Function
Advertisement
is a commercial notification that has aim to encourage or persuade general
society to buy or to use the product or service offered in the advertisement.
b)
The Structure of
the Text
-
Display Advertisement
Example:
There are many structures we can find in many advertisements. However, in this lesson, the core of advertisement is headline, sub-headline, benefit (optional), and call-to-action.
-
Classified Advertisement
Housework services. Need help to clean and fix
your house? Services for your gutter, fences, floors, ditches. Call Heri,
08131940257
|
Brand new 2-bedroom houses.
Ceramic floors, big sinks, shower and bath. Near market and bus terminal.
Call RumahKita, 08159929439
|
Bima English course. English for children, SMP
& SMA students. Interesting events in English. For further info, visit
bimaenglish.com
|
A 100-year old antique
cupboard. Solid teak wood. Newly polished. Delivered to your place for free.
Call Ahmad, 021-28808080
|
Classified
advertisements consist of just a few lines in a column without pictures.
The
information that we can get from advertisements are as follow:
-
Goods/Services
-
Varieties
-
Price
-
Time/Place
-
Contact
Number/ Email-Address
-
Selling
Points/ Promoting words
2. Materi Pembelajaran Pengayaan : Spoken Advertisement
Berikut
contoh spoken advertisement: Quaker®
Oats. We take your well-being to heart
Source: https://www.youtube.com/watch?v=dM4dEeSKUfA
3. Materi Pembelajaran Remedial: Simple Written Advertisement
Bagi
peserta didik yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata, perlu diberi tugas
remedial dengan membaca lebih banyak iklan pendek dan sederhana. Berikut
contohnya:
c)
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
: Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery Learning
3) Metode :
Tanya jawab, diskusi dan bermain peran
d)
Media
Pembelajaran
1.
Media
v Beberapa gambar/iklan
v Koran
v Slide power
point
2.
Alat/Bahan
v Spidol, papan
tulis
v Laptop &
infocus
e)
Sumber Belajar
v Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings The Bell, Kelas
IX, Kemendikbud, Revisi Tahun 2015
v Buku Teks
Pendamping Bahasa Inggris untuk Siswa SMP-MTs Kelas IX, Penerbit Yrama Widya,
Tahun 2018
v Kamus Bahasa
Inggris – Indonesia. John M. Echols & Hasan Shadily: Penerbit Gramedia
v Google photos:
ijual.com; chaidir.web.id ; otakundes.net
v Pengalaman
peserta didik dan guru
f)
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1.
|
Pertemuan Ke-1 (2 x 40
Menit)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Guru :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Orientasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Apersepsi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
●
●
|
Mengajukan pertanyaan
yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Menunjukkan Koran
sebagai salah satu media promosi produk dan jasa yang biasa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Motivasi
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Apabila materi iklan ini
dipelajari dengan baik dan sungguh-sungguh dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Fungsi sosial dan struktur
teks iklan (written advertisement)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Pemberian Acuan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan KKM
pada pertemuan yang berlangsung
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Pembagian kelompok
belajar
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti (70 Menit )
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Stimulation
(stimulasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik diberi
motivasi untuk memusatkan perhatian pada topik: fungsi sosial dan struktur teks iklan
dengan cara :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Mengamati (M1)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik
mengamati gambar yang disajikan yakni gambar seorang ibu dan anaknya yang
sedang melihat iklan di koran.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Membaca
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik dihunjuk secara berpasangan membaca sebuah
percakapan singkat yang telah disediakan yang berkaitan dengan gambar iklan
Tunas Pencak Silat
Read the following conversation with your partner
Ellie
: Mom, I want to take up
Pencak Silat.
Mom
: Why do you want it?
Ellie
: Edo is good at it. I
want to be like him too. It’s good
for my defense too,
right?
Mom
: Why don’t you ask your
brother to teach you?
Ellie : He is busy preparing for
the national examination.
Mom : Oh, you’re right. Then, let’s
see the advertisement
in the newspaper.
Ellie : Oh, here. Mom!
Mom : Oh, It’s not far from here. We should try calling
it.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Menyimak
Peserta didik mendengarkan percakapan yang
dibacakan temannya dan menjawab beberapa pertanyaan terkait percakapan yang
didengarnya.
Beberapa pertanyaan sebagai berikut:
-
What does Ellie want to take up?
-
Who is good at Pencak Silat?
-
Why does Ellie want to learn it?
-
What does mom see in the
newspaper?
-
What do you think the purpose of
an advertisement?
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
untuk melatih rasa syukur,
percaya diri dan
ketelitian dalam mencari informasi.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Problem
statement (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Menanya
(M2)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang kosa kata sulit fungsi sosial dan struktur teks terkait
dengan gambar iklan yang ditampilkan.
Peserta didik yang
belum terbiasa membuat pertanyaan dibimbing guru dalam membuat pertanyaan.
Beberapa prtanyaan
diantaranya sebagai berikut:
1.
What is the advertisement about?
2.
For whom is the advertisement intended?
3.
What will we get if we ….. (join the course/buy the product/use
the service, etc)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Data
collection (pengumpulan data) |
COLLABORATION (KERJASAMA);
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru terkait fungsi sosial dan struktur teks iklan
“Tunas Pencak Silat”
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Mengamati iklan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik diberikan
iklan untuk diamati dalam kelompoknya.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Mengumpulkan informasi
(M3)
Peserta didik secara
berkelompok berdiskusi tentang fungsi sosial iklan dengan mengisi Tabel
analisis yang disediakan dalam Task
1
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION
(KERJASAMA) ; CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Mengasosiasi (M4)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
→
→
|
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi dalam pengolahan data dengan mengerjakan Task 2 a untuk mengetahui persamaan dan perbedaan struktur teks iklan
kolom (display advertisement) dan iklan baris (classified advertisement)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
untuk mengerjakan Task 2 b
tentang beragam informasi yang ada pada iklan.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Verification
(pembuktian)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) ; CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik
mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil diskusinya dengan
bimbingan guru.
Peserta
didik dan guru scara bersama-sama membahas jawaban soal-soal pada lembaran
kerja yang dikerjakan peserta didik.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI) ; CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Peserta didik
mempresentasikan hasil analisi iklan di depan kelas
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Peserta didik bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
fungsi sosial dan struktur teks berbentuk iklan yang akan selesai
dipelajari
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Peserta didik membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran tentang materi
fungsi sosial dan struktur teks iklan yang baru dilakukan pada buku
catatanya.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
→
|
Peserta didik
menyelesaikan uji pengetahuan untuk materi fungsi sosial dan struktur teks
iklan pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Catatan : Selama
pembelajaran tentang iklan
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, bekerja sama,
berperilaku jujur, dan bertangung jawab.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Penutup (5 Menit)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Peserta didik :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Mengumpulkan lembar
jawaban uji pengetahuan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
Guru :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Memberikan penghargaan
untuk materi pelajaran fungsi sosial
dan struktur teks iklan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
●
|
Memberikan penugasan
kepada peserta didik untuk membawa dua contoh iklan dari surat kabar ataupun
majalah untuk dibahas pada pertemuan selanjutnya untuk materi unsur
kebahasaan teks iklan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||
g)
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Sikap
- Penilaian Observasi
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
TL
|
PD
|
BJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
D
|
2
|
…
|
Keterangan :
• TL: Teliti
• PD : Percaya Diri
• TJ :
Bertanggung Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
-
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu.
Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
D
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini
dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang
diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
A
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah
kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
2. Penilaian Pengetahuan
·
Teknik
: Tes Tertulis
·
Bentuk
: Pilihan Ganda dan Uraian Singkat
·
Kisi:
Indikator Soal
|
Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Diberikan
sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan informasi
tersurat dalam teks
|
Which
statement is not the benefit of “Nike” shoes if you buy them?
|
PG
|
1
|
Diberikan
sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan makna
kalimat dalam teks.
|
What
does “Grab them fast” mean ?
|
PG
|
2
|
Diberikan
sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan informasi
tersirat dalam teks
|
Why
do you think the price Rp 250,000 is crossed?
|
PG
|
3
|
Diberikan
sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan informasi
tersurat dalam teks
|
Hom
many hours does the shop open in a day?
|
PG
|
4
|
Diberikan
sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan makna kata
dalam teks
|
The
word “ durable” is synonymous with __________
|
PG
|
5
|
Diberikan
sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentang informasi umum dalam teks
|
What
is offered in the advertisement? A product or service?
|
Essay
|
6
|
Diberikan
sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentang target pembaca teks
|
For
whom is the advertisement intended?
|
Essay
|
7
|
Diberikan
sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentang informasi rinci dan tersurat dalam teks
|
How
much does it cost
|
Essay
|
8
|
Diberikan
sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentang informasi rinci dan tersurat dalam teks
|
What
will yu get if you sign up the class?
|
Essay
|
9
|
Diberikan
sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan tentang informasi rinci dan tersurat dalam teks
|
If
you want to ask something about the class, what should you do?
|
Essay
|
10
|
1.
Rubrik PG : Jumlah jawaban benar
dikalikan 1 ( 5 X 1 = 5 )
2.
Rubrik Essay : Jawaban benar skor 2,
jawaban hampir benar skor 1, jawaban salah atau tidak dijawab skor 0. (5 X 2 )
= 10
3.
Skor akhir = total skor x 100
15
= 100
3. Penilaian Keterampilan
a.
Penilaian Presentasi
Nama peserta
didik: ________ Kelas:
_____
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Baik
|
Kurang
baik
|
1.
|
Organisasi
presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
|
||
2.
|
Isi
presentasi (kedalaman, logika)
|
||
3.
|
Koherensi
dan kelancaran berbahasa
|
||
4.
|
Bahasa:
|
||
Ucapan
|
|||
Tata
bahasa
|
|||
Perbendaharaan
kata
|
|||
5.
|
Penyajian
(tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
|
||
Skor
yang dicapai
|
|||
Skor
maksimum
|
10
|
Keterangan:
Baik mendapat
skor 2
Kurang baik
mendapat skor 1
Skor akhir: 10
X10
: 100
Skor Penilaian
No.
|
Huruf
|
Rentang angka
|
1.
|
Sangat
Baik (A)
|
90-
100
|
2.
|
Baik
(B)
|
80
- 89
|
3.
|
Cukup
(C)
|
72
- 79
|
4.
|
Kurang
(D)
|
≤
71
|
4. Pengayaan
Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.
Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.
5. Remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial
Sarimatondang, 2018
Mengetahui :
Mengetahui :
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
Dr. Eden Purba M.Pd Christina P. Situmorang, S.Pd
NIP.
19600628 198811 1 001
NIP. 19890725 201505 2 002Note:
---
Click these additional links for this teaching material:
No comments:
Post a Comment