Wednesday, March 13, 2019

Perangkat pembelajaran Bahasa Inggris SMP Kelas IX KD 3.10 & 4.10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 SIDAMANIK
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                       : IX/II
Materi Pokok                          : Teks Khusus dalam Bentuk  Iklan
Alokasi Waktu                        :2 X 40 Menit (1 Pertemuaan)
Pertemuan ke-                         : 1 (Pertama)


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI-3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.     Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10   Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk  iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.10.1 Menganalisis fungsi sosial dari beberapa teks tertulis khusus  iklan  produk dan jasa baik dalam bentuk iklan kolom maupun iklan baris
  
3.10.2 Menyimpulkan perbedaan dan persamaan struktur  teks tertulis iklan produk dan jasa pada iklan kolom dan iklan baris
4.10   Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa
4.10.1 Menemukan beragam  informasi dari beberapa  teks tertulis khusus berbentuk iklan produk dan jasa

4.10.2 Mempresentasikan hasil analisis  secara lisan di depan kelas



C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melalukan serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Pendekatan Saintifik model Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu mengomunikasikan berbagai informasi secara terintegrasi lisan dan tulis tentang iklan barang dan jasa secara konstekstual terkait fungsi sosial dan struktur teks iklan dengan teliti, percaya diri, disiplin, dan bertanggung jawab dengan ketepatan minimal 72%.

D.    Materi Pembelajaran  

1.      Materi Pembelajaran Reguler: Writtten advertisement

ADVERTISEMENT
The lesson is focused on written advertisement that students can found easily on newspapers. There are two kinds of written advertisements that are going to be learnt. They are display and classified advertisements.

a)      Social Function
Advertisement is a commercial notification that has aim to encourage or persuade general society to buy or to use the product or service offered in the advertisement.

b)     The Structure of the Text
-          Display Advertisement
Example:




There are many structures we can find in many advertisements. However, in this lesson, the core of advertisement is
headline, sub-headline, benefit (optional), and call-to-action.
-          Classified Advertisement
Housework services. Need help to clean and fix your house? Services for your gutter, fences, floors, ditches. Call Heri, 08131940257
Brand new 2-bedroom houses. Ceramic floors, big sinks, shower and bath. Near market and bus terminal. Call RumahKita, 08159929439
Bima English course. English for children, SMP & SMA students. Interesting events in English. For further info, visit bimaenglish.com 

A 100-year old antique cupboard. Solid teak wood. Newly polished. Delivered to your place for free. Call Ahmad, 021-28808080

Classified advertisements consist of just a few lines in a column without pictures.

The information that we can get from advertisements are as follow:
-          Goods/Services
-          Varieties
-          Price
-          Time/Place
-          Contact Number/ Email-Address
-          Selling Points/ Promoting words




2.  Materi Pembelajaran Pengayaan : Spoken Advertisement
Berikut contoh spoken advertisement: Quaker® Oats. We take your well-being to heart


Source: https://www.youtube.com/watch?v=dM4dEeSKUfA


3.  Materi Pembelajaran Remedial: Simple Written Advertisement
Bagi peserta didik yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata, perlu diberi tugas remedial dengan membaca lebih banyak iklan pendek dan sederhana. Berikut contohnya:



c)      Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan                 : Saintifik
2)  Model Pembelajaran   : Discovery Learning
3)  Metode                       : Tanya jawab, diskusi dan bermain peran

d)     Media Pembelajaran
1.      Media
v  Beberapa gambar/iklan
v  Koran
v  Slide power point

2.      Alat/Bahan
v  Spidol, papan tulis
v  Laptop & infocus

e)      Sumber Belajar
v  Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris When English Rings The Bell, Kelas IX,  Kemendikbud, Revisi Tahun 2015
v  Buku Teks Pendamping Bahasa Inggris untuk Siswa SMP-MTs Kelas IX, Penerbit Yrama Widya, Tahun 2018
v  Kamus Bahasa Inggris – Indonesia. John M. Echols & Hasan Shadily: Penerbit Gramedia
v  Google photos: ijual.com; chaidir.web.id ; otakundes.net
v  Pengalaman peserta didik dan guru

f)       Langkah-Langkah Pembelajaran 
1.
Pertemuan Ke-1 (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
 ●
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Menunjukkan Koran sebagai salah satu media promosi produk dan jasa yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materi iklan ini dipelajari dengan baik dan sungguh-sungguh dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Fungsi sosial dan struktur  teks iklan (written advertisement)
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Kegiatan Inti (70 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimulasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi  untuk memusatkan perhatian  pada topik: fungsi sosial dan struktur teks iklan dengan cara :
Mengamati  (M1)

Peserta didik mengamati gambar yang disajikan yakni gambar seorang ibu dan anaknya yang sedang melihat iklan di koran.

Peserta didik mengamati sekilas dua jenis iklan yang sering dimuat dalam koran.



Display Advertisement:



Membaca

Peserta didik dihunjuk secara berpasangan membaca sebuah percakapan singkat yang telah disediakan yang berkaitan dengan gambar iklan Tunas Pencak Silat

Read the following conversation with your partner
Ellie                 : Mom, I want to take up Pencak Silat.
Mom               : Why do you want it?
Ellie                 : Edo is good at it. I want to be like him too. It’s good
                          for my defense too, right?
Mom               : Why don’t you ask your brother to teach you?
Ellie                 : He is busy preparing for the national examination.
Mom               : Oh, you’re right. Then, let’s see the advertisement
                          in the newspaper.
Ellie                 : Oh, here. Mom!
Mom               : Oh, It’s not far from here. We should try calling it.
Menyimak
Peserta didik mendengarkan percakapan yang dibacakan temannya dan menjawab beberapa pertanyaan terkait percakapan yang didengarnya.
Beberapa pertanyaan sebagai berikut:
-          What does Ellie want to take up?
-          Who is good at Pencak Silat?
-          Why does Ellie want to learn it?
-          What does mom see in the newspaper?
-          What do you think the purpose of an advertisement?

untuk melatih rasa syukur, percaya diri dan ketelitian dalam mencari informasi.
Problem
statement
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Menanya (M2)

Peserta didik diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang kosa kata sulit  fungsi sosial dan struktur teks terkait dengan gambar iklan yang ditampilkan.

Peserta didik yang belum terbiasa membuat pertanyaan dibimbing guru dalam membuat pertanyaan.
Beberapa prtanyaan diantaranya sebagai berikut:
1.      What is the advertisement about?
2.      For whom is the advertisement intended?
3.      What will we get if we ….. (join the course/buy the product/use the service, etc)
Data
collection
(pengumpulan
data)

COLLABORATION (KERJASAMA); CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Peserta didik mendengarkan penjelasan guru terkait fungsi sosial dan struktur teks iklan “Tunas Pencak Silat”

No
Aspects
Display Advertisement





1
Topic
Promoting Tunas Pencak Silat
2
Purpose
To persuade the readers to join Tunas Pencak Silat course
3
Target Readers
-          Parents
-          Primary and Junior High School Students

 




Mengamati iklan

Peserta didik diberikan iklan untuk diamati dalam kelompoknya.
→ 
Mengumpulkan informasi (M3)
Peserta didik secara berkelompok berdiskusi tentang fungsi sosial iklan dengan mengisi Tabel analisis yang disediakan dalam Task 1

No
Aspects
Display Advertisement





1
Topic

2
Purpose

3
Target Readers



No
Apects
Classified Advertisement


ABC Indonesian Course for foreigners. Experienced & friendly teachers. We can come to your place. For further info, call 081201012 or lea@abc.co

1
Topic

2
Purpose

3
Target Readers

Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) ; CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
        Mengasosiasi  (M4)




Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi dalam pengolahan data dengan  mengerjakan Task 2 a untuk mengetahui persamaan dan perbedaan struktur teks iklan kolom (display advertisement) dan iklan baris (classified advertisement)  

 Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengerjakan Task  2 b tentang beragam informasi yang ada pada iklan.


Verification (pembuktian)


COLLABORATION (KERJASAMA) ; CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil diskusinya dengan bimbingan guru.

Peserta didik dan guru scara bersama-sama membahas jawaban soal-soal pada lembaran kerja yang dikerjakan  peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) ; CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik mempresentasikan hasil analisi iklan di depan kelas
Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  fungsi sosial dan struktur teks berbentuk iklan yang akan selesai dipelajari
Peserta didik membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  fungsi sosial dan struktur teks iklan yang baru dilakukan pada buku catatanya.
Peserta didik menyelesaikan uji pengetahuan untuk materi fungsi sosial dan struktur teks iklan pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  tentang iklan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:  disiplin, bekerja sama, berperilaku jujur, dan bertangung jawab.
Kegiatan Penutup (5 Menit)
Peserta didik :
Mengumpulkan lembar jawaban uji pengetahuan
Guru :
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  fungsi sosial dan struktur teks iklan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Memberikan penugasan kepada peserta didik untuk membawa dua contoh iklan dari surat kabar ataupun majalah untuk dibahas pada pertemuan selanjutnya untuk materi unsur kebahasaan teks iklan

g)      Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
TL
PD
BJ
DS
1
75
75
50
75
275
68,75
D
2








Keterangan :
•  TL: Teliti
•   PD : Percaya Diri
•   TJ :  Bertanggung Jawab
•   DS : Disiplin

Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100        = Sangat Baik
75          = Baik
50          = Cukup
25          = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75




-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
D
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

Nama yang diamati      : ...
Pengamat                      : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
A
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00




2.  Penilaian Pengetahuan
·         Teknik : Tes Tertulis
·         Bentuk : Pilihan Ganda dan Uraian Singkat
·         Kisi:
Indikator Soal
Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal
Diberikan sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan informasi tersurat dalam teks
Which statement is not the benefit of “Nike” shoes if you buy them?
PG
1
Diberikan sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan makna kalimat dalam teks.
What does “Grab them fast” mean ?
PG
2
Diberikan sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan informasi tersirat dalam teks
Why do you think the price Rp 250,000 is crossed?
PG
3
Diberikan sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan informasi tersurat dalam teks
Hom many hours does the shop open in a day?
PG
4
Diberikan sebuah iklan produk tentang sepatu, peserta didik dapat menemukan makna kata dalam teks
The word “ durable” is synonymous with __________
PG
5
Diberikan sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang informasi umum dalam teks
What is offered in the advertisement? A product or service?
Essay
6
Diberikan sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang target pembaca teks
For whom is the advertisement intended?
Essay
7
Diberikan sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci dan tersurat dalam teks
How much does it cost
Essay
8
Diberikan sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci dan tersurat dalam teks
What will yu get if you sign up the class?
Essay
9
Diberikan sebuah iklan jasa tentang pendidikan informal, peserta didik dapat menjawab pertanyaan tentang informasi rinci dan tersurat dalam teks
If you want to ask something about the class, what should you do?

Essay
10


1. Rubrik PG     : Jumlah jawaban benar dikalikan 1 ( 5 X 1 = 5 )
2. Rubrik Essay :  Jawaban benar skor 2, jawaban hampir benar skor 1, jawaban salah atau tidak dijawab skor 0. (5 X 2 ) = 10
3. Skor akhir = total skor x 100
                                     15
                      = 100
                                                                                                  



3. Penilaian Keterampilan

a.      Penilaian Presentasi

Nama peserta didik: ________                                         Kelas: _____

No.
Aspek yang Dinilai
Baik
Kurang baik
1.
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)


2.
Isi presentasi (kedalaman, logika)


3.
Koherensi dan kelancaran berbahasa


4.
Bahasa:



Ucapan



Tata bahasa



Perbendaharaan kata


5.
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)


Skor yang dicapai


Skor maksimum
10
Keterangan:
Baik mendapat skor 2
Kurang baik mendapat skor 1
Skor akhir: 10 X10
                 : 100



Skor Penilaian
No.
Huruf
Rentang angka
1.
Sangat Baik (A)
90- 100
2.
Baik (B)
80 - 89
3.
Cukup (C)
72 - 79
4.
Kurang (D)
≤ 71


4.      Pengayaan
Bagi peserta didik yang telah mencapai target pembelajaran sebelum waktu yang telah dialokasikan berakhir, perlu diberikan kegiatan pengayaan.

5.      Remedial
Bagi peserta didik yang belum mencapai target pembelajaran pada waktu yang telah dialokasikan, perlu diberikan kegiatan remedial




                                                                                             Sarimatondang, 2018 



Mengetahui :
     Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran,                               



Dr. Eden Purba M.Pd                                                            Christina P. Situmorang, S.Pd
NIP. 19600628 198811 1 001                                                    NIP. 19890725 201505 2 002






Note:
---
Click these additional links for this teaching material:







No comments:

Post a Comment