ASSIGNMENT M 5 KB 4
1.
Minister of Education and Culture
Regulation No. 22 of 2016 concerning the standard of the learning process;
review the minimum lesson plan’s components! And compare with the example of
lesson plan, write down the conclusions from your observations! (Score: 40)
2. In
an effort to develop the ability of teachers to develop lesson plan, you are
asked to watch the 2017 RPP drafting guide in the video. Next, arrange lesson plan
for 1 basic competency (KD). (Score: 60)
Answer for Question No.
1:
Components
of the Lesson Plan
Minister
of Education and Culture Regulation Number 22 Year 2016 concerning Standard
Processes for Primary and Secondary Education mentions the components of the
Lesson Plan are as follows:
a)
school identity, namely the name of the
educational unit;
b)
identity of subjects or themes /
sub-themes;
c)
class / semester;
d)
subject;
e)
time allocation is determined according
to the requirements for basic competency achievement and learning burden by
considering the number of lesson hours available in the syllabus and basic
competencies that must be achieved;
f)
learning objectives that are formulated
based on Basic Competence, using operational verbs that can be observed and
measured, which includes attitudes, knowledge, and skills;
g)
basic competencies and indicators of
achievement of competencies;
h)
learning material, contains facts,
concepts, principles and procedures that are relevant, and written in the form
of items in accordance with the formulation of competency indicators;
i)
learning method, used by educators to
realize the learning atmosphere and learning process so that students achieve
Basic Competencies that are tailored to the characteristics of students and
Basic Competencies to be achieved;
j)
learning media, in the form of learning
process aids to convey learning material;
k)
learning resources, can be in the form
of books, print and electronic media, the environment, or other relevant
learning resources;
l)
the learning steps are carried out
through the preliminary, core and closing stages; and
m)
assessment of learning outcomes.
Answer for Question No.
2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP
Negeri 1 Sidamanik
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: VII/2
Materi
Pokok : Teks
Fungsional;Teks Deskriptif (orang)
Alokasi
Waktu :10 X 40
Menit ( 5 Pertemuan @80’)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.7
Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi
orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
3.7.1
Menentukan Fungsi Sosial Teks
Deskriptif
-
tujuan dari
beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
-
fokus yang
dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
-
pembaca yang
akan tertarik membaca masing- masing deskripsi,
-
manfaat yang
dapat dipetik dari masing- masing deskripsi.
3.7.2
Menentukan Struktur teks Deskriptif
-
nama
orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait
serta pekerjaan/jabatan/perannya,
-
karakteristik
fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
-
kebiasaan/pekerjaan/kegiatan
rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,
-
aspek lain yang
dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh
3.7.3
Mengidentifikasi Unsur kebahasaan
Teks deskriptif
-
makna kata dan
ungkapan tertentu (verba)
-
nomina,
adjectiva, adverbia, frasa),
-
tata bahasa
(kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
-
ucapan, tekanan
kata, dan intonasi yang benar,
-
ejaan dan tanda
baca yang benar,
-
tulisan tangan
yang rapih dan benar
|
4.7 Teks Deskriptif
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
|
4.7.1.1 Membaca secara nyaring dan
bermakna, teks Deskriptif pendek
dan sederhana denga lafal dan
ejaan
yang berterima
4.7.1.2 Menngidentifikasi berbagai informasi
dari teks Deskriptif yang
didengar
dengan mengisi tabel yang
disiapkan
|
4.7.2
Menyusun teks deskriptif
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan
benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
4.7.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan
sederhana tentang deskripsi
orang
(termasuk diri sendiri), tokoh,
untuk
tujuan membanggakan
/mengenalkan, secara kontekstual
dengan memperhatikan aspek
fungsi
sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan
4.7.2.2
Mengomunikasikan
secara tertulis
dan sederhana tentang deskripsi
orang
(termasuk diri sendiri), tokoh,
untuk
tujuan membanggakan /mengenalkan,
secara kontekstual dengan
memperhatikan aspek fungsi
sosial,
struktur teks dan unsur
kebahasaan
|
Nilai Karakter yang
ditanamkan/ditumbuhkan:
Kedisiplinan, Percaya Diri dan Tanggung
Jawab
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Melalui serangkaian kegiatan
pembelajaran, siswa dapat:
1.
menentukan tujuan
dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
2.
menentukan fokus
yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
3.
menentukan
pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,
4.
menyebutkan
manfaat yang dapat dipetik dari masing-masing deskripsi
5.
menulis kembali
teks dengan tulisan tangan yang rapih dan benar
6.
Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kedua
Melalui serangkaian kegiatan
pembelajaran, siswa dapat:
1.
menyebutkan nama
orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait
serta pekerjaan/jabatan/perannya,
2.
menentukan
karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
3.
menyebutkan
kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing
orang/tokoh,
4.
menentukan aspek
lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh
5.
Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Ketiga
Melalui serangkaian kegiatan
pembelajaran, siswa dapat:
1.
menentukan makna
kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
2.
menggunakan tata
bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
3.
mengucapkan
kalimat dengan ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,
4.
menggunakan ejaan
dan tanda baca yang benar,
5.
bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
.
Pertemuan Keempat
Melalui serangkaian kegiatan
pembelajaran, siswa dapat:
1.
Membaca secara
nyaring dan bermakna, teks Deskriptif pendek dan sederhana denga lafal dan
ejaan yang berterima
2.
Mengidentifikasi
berbagai informasi dari teks Deskriptif yang didengar dengan mengisi tabel yang
disiapkan
3.
Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab
Pertemuan Kelima
Melalui serangkaian kegiatan
pembelajaran, siswa dapat:
1.
Mengomunikasikan
secara lisan dan sederhana tentang deskripsi orang (termasuk diri sendiri),
tokoh, untuk tujuan membanggakan /mengenalkan, secara kontekstual dengan
memperhatikan aspek fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
2.
mengomunikasikan
secara tertulis dan sederhana tentang deskripsi orang (termasuk diri sendiri),
tokoh, untuk tujuan membanggakan /mengenalkan/mengambil teladan, secara
kontekstual dengan memperhatikan aspek fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan
3.
Bersikap
disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Beberapa
teks deskriptif pendek dan sederhana, lisan dan tulis tentang orang/tokoh yang
berbeda, yang memuat tiga aspek teks berikut ini, secara kontekstual dan
terintegrasi
1. Fungsi
sosial
-
tujuan dari
beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
-
fokus yang
dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
-
pembaca yang akan
tertarik membaca masing-masing deskripsi,
-
manfaat yang
dapat dipetik dari masing-masing deskripsi.
2. Struktur
teks
-
nama orang/tokoh,
pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta
pekerjaan/jabatan/perannya,
-
karakteristik
fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
-
kebiasaan/pekerjaan/kegiatan
rutin/tertentu yang menjadi penciri masing- masing orang/tokoh,
-
aspek lain yang
dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh
3. Unsur
kebahasaan
-
makna kata dan
ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
-
tata bahasa
(kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
-
ucapan, tekanan
kata, dan intonasi yang benar,
-
ejaan dan tanda
baca yang benar,
-
tulisan tangan
yang rapih dan benar
Materi Pengayaan
Unsur kebahasaan
-
makna kata dan
ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
-
tata bahasa
(kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.
Materi Remedial
Unsur kebahasaan
-
ucapan, tekanan
kata, dan intonasi yang benar,
-
ejaan dan tanda
baca yang benar,
-
tulisan tangan
yang rapih dan benar
E. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan Saintifik (Scientific Approach)
5 M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi,
Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
F. Media/alat dan Bahan
o
Media/Alat :
Video deskripsi seseorang, laptop, LCD, realia, gambar
o
Teks: autentik
atau mendekati autentik
G. Sumber Belajar
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings The Bell, SMP/Mts Kelas
VII, hal 149 sd 176, edisi revisi dan sumber lain yang sesuai
H. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Guru:
-
mengucapkan
salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-
mengecek
kehadiran siswa, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-
bertanya jawab
tentang deskripsi (a.l. nama, karakteristik, kebiasaan) orang
-
menyebutkan
tujuan pembelajaran
-
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Selama
proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan
teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
-
menyimak secara
interaktif guru membacakan beberapa teks (sedikitnya 3), satu per satu (siswa
tidak membaca teks),
-
bertanya jawab
tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari masing-masing
teks secara umum, sekilas,
-
menulis ketiga
teks, satu per satu, secara lengkap dengan didektekan guru secara terbimbing
-
mempresentasikan
hasil tulisannya ke seluruh kelas (misal, dengan dipampang di dinding)
-
memberi masukan
terhadap hasil tulisan kelompok lain
-
memasukkan
hasil tulisannya ke dalam file portofolio
Selama
proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari
guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan
secara lisan dan tulis.
|
60’
|
Kegiatan Penutup
|
Siswa dan guru:
-
membahas
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
-
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-
menyimpulkan
hasil pembelajaran
-
mengkordinasikan
tugas rumah untuk membaca teks yang ditulisnya dengan ucapan dan intonasi
yang benar
-
menyampaikan
kegiatan dan topik rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
-
mengucapkan
salam sesuai budaya sekolah.
|
10’
|
2. Pertemuan ke - dua (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
|
Guru:
-
mengucapkan
salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-
mengecek
kehadiran, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-
mereview
pembelajaran yang lalu
-
menyebutkan
tujuan pembelajaran
-
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
10’
|
||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
Selama proses pembelajaran di
kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan
memanfaatkan bimbingan guru:
-
dalam kelompok,
siswa saling membacakan masing-masing teks yang telah ditulisnya pada
pertemuan yang lalu secara lisan dengan memperhatikan kebermaknaan, intonasi,
ucapan, dan tekanan kata
-
bertanya jawab
secara rinci tentang fungsi sosial (tujuan, topik, pembaca sasaran dan manfaat)
teks-teks yang telah dibaca tersebut, satu per satu, untuk diisikan ke dalam
tabel.
-
mempresentasikan
hasil analisis tertulis kelompok ke seluruh kelas (misal, dengan dipampang di
dinding)
-
memberi masukan
terhadap hasil presentasi kelompok lain
-
memasukkan
hasil analisisnya ke dalam file portofolio
Selama
proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari
guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan
secara lisan dan tulis.
|
60’
|
||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Penutup
|
Siswa, dan guru:
-
membahas
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
-
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-
menyimpulkan
hasil pembelajaran
-
mengkordinasikan
tugas rumah (tentang struktur teks) berupa tugas kelompok: menyebutkan nama,
ciri-ciri, pekerjaan/jabatan/ kegiatan/kebiasaan, serta orang-orang lain yang
terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya, satu per satu, dan memasukkannya ke
dalam tabel.
|
10’
|
Pertemuan ke - tiga (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Guru:
-
mengucapkan
salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-
mengecek
kehadiran, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-
menyebutkan
tujuan pembelajaran
-
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Selama proses pembelajaran di
kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan
memanfaatkan bimbingan guru:
-
mempresentasikan
secara lisan hasil analisis tertulis kelompok ke seluruh kelas (misal, dengan
dipampang di dinding)
-
bertanya dan
memberi masukan terhadap hasil presentasi kelompok lain terkait pilihan kata,
ungkapan, tata bahasa, ejaan dan tanda baca.
Selama
proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari
guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara
clisan dan tulis.
|
60’
|
Kegiatan Penutup
|
Siswa bersama guru:
-
melakukan
refleksi pembelajaran yang baru diselesaikan dengan pertanyaan:
a)
Kamu belajar
apa hari ini?
b)
Kamu belajar
apa dari temanmu hari ini?
c)
Apa yang kamu
sukai dari pelajaran hari ini?
-
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-
menyimpulkan
hasil pembelajaran
-
menkordinasikan
tugas rumah berupa tugas individu untuk memperbaiki hasil analisis
masing-masing berdasarkan masukan dari guru dan teman pada hari itu, dan
kemudian memasukkannya ke dalam file portofolio
-
- menyampaikan
kegiatan dan topik rencana pembelajaran pertemuan berikutnya: belajar unsur
kebahasaan untuk mendeskripsikan orang/tokoh.
|
10’
|
Pertemuan ke - empat (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Guru:
-
mengucapkan
salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah.
-
mengecek
kehadiran, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-
mengecek
tentang portofolio sebagaimana ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
-
menyampaikan
tujuan pembelajaran
-
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Selama proses pembelajaran di
kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan
memanfaatkan bimbingan guru: Belajar secara terfokus tentang unsur kebahasaan
yang menjadi penciri teks deskriptif:
-
Membaca nyaring
dan bermakna teks deskripsi yang telah dipelajari
-
mengolah
informasi yang terdapat dalam teks deskriptif yang telah dibaca dan
menuliskannya dalam format yang disediakan (format data pribadi)
-
Menggunakan
artikel a dan the untuk menyebutkan pekerjaan, profesi, dll.
-
Menggunakan be
dan have dalam simple present tense untuk menyebutkan ciri-ciri fisik/psikis/mental
-
Menggunakan
simple present tense untuk menyebutkan kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin,
dsb.
-
Memasukkan
hasil analisis dalam file porto folio.
Selama
proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari
guru/teman untuk meningkatkan penguasaan
unsur kebahasaan yang digunakan secara clisan dan tulis.
|
60’
|
Kegiatan Penutup
|
Siswa bersama guru:
-
membahas
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan,
-
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran,
-
menyimpulkan
hasil pembelajaran,
-
mengordinasikan
tugas rumah untuk membuat draft untuk mendeskripsikan dua orang atau tokoh
yang dapat dibanggakan untuk dibawa pada pertemuan berikutnya.
-
saling berucap
salam sesuai budaya sekolah
|
10’
|
Pertemuan Ke - lima ( 2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Guru:
-
mengucapkan
salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-
menunjukkan
kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-
menyampaikan
tujuan pembelajaran
-
menyebutkan
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
Selama proses pembelajaran di
kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan
memanfaatkan bimbingan guru:
-
menulis
deskripsi seseorang berdasarkan gambar
-
mendeskripsikan
secara lisan orang berdasarkan gambar
-
menempelkan
hasil karyanya di dinding
-
saling membaca
dan memberi komentar dan masukan untuk perbaikan tulisan masing-masing.
Selama
proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari
guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan
secara lisan dan tulis.
|
60’
|
Kegiatan Penutup
|
Siswa bersama guru:
-
membahas
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan,
-
membahas
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran,
-
menyimpulkan
hasil pembelajaran,
-
membahas bentuk
tes hasil belajar yang akan diberikan,
-
mengkordinasikan
tugas rumah: memperbaiki draf tulisan masing- masing yang sudah mendapat
komentar dan balikan dari teman- temannya, untuk membuta draftkemudian
memasukkannya ke dalam dokumen portofolio masing-masing,
-
pembelajaran
pertemuan berikutnya.
-
Saling berucap
salam sesuai budaya sekolah
|
10’
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian otentik
o
Sikap : Observasi
o
Pengetahuan :
penggunaan rubrik untuk mengukur ketercapaian fungsi sosial, kelengkapan dan
keruntutan struktur teks, dan ketepatan unsur kebahasaan yang tampak pada
proses dan hasil belajar.
o
Keterampilan :
Unjuk kerja dalam bentuk tindakan komunikatif lisan dan karya tertulis
-
Praktik membaca
nyaring
-
Tugas tertulis
mendeskripsikan orang
2. Instrumen penilaian untuk
tes tertulis
Kisi-Kisi dan Soal (contoh)
Indikator
|
Soal
|
Teknik/Bentuk Peniaian
|
Fungsi sosial
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) tujuan dari beberapa teks pendek dan
sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) fokus yang dibicarakan dalam masing-
masing deskripsi,
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) pembaca yang akan tertarik membaca
masing-masing deskripsi,
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) manfaat yang dapat dipetik dari masing-
masing deskripsi.
|
Read the text and answer the
questions below.
1. What is the text written
for?
2. What is the text about?
3. Who would like to read the
text?
4. What can you learn from
the person/character?
|
|
Struktur teks
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) nama orang/tokoh,
pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta
pekerjaan/jabatan/perannya,
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) karakteristik fisik/psikis/personal
lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
-
menentukan
(menyebutkan
-
lisan/tulis,
memilih) kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri
masing-masing orang/tokoh,
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) aspek lain yang dipaparkan untuk
mendeskripsikan masing- masing orang/tokoh
|
5. This statement is most
likely about ... (nama orang/tokoh)
6. The text is concerned
about ... (beberapa aspek) of the person/character.
7. What does the character do
for a living?
|
|
Unsur kebahasaan
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) makna kata dan ungkapan tertentu (verba,
nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
-
menentukan
(menyebutkan lisan/tulis, memilih) tata bahasa (kalimat, klausa, verba,
nomina, konjungsi, dll.)
|
The word ... is closest in
meaning to ...?
|
3. Rubrik Penilaian dan Pedoman
Penskoran
a) Rubrik Penilaian
Pengetahuan:
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
Jumlah
Soal
|
Skor
Perolehan
|
Isi
|
Sangat
Sesuai
|
3
|
||
Sesuai
|
2
|
|||
Kurang
Sesuai
|
1
|
|||
Struktur
Teks
|
Benar
dan Tepat
|
3
|
||
Benar
tapi Kurang Tepat
|
2
|
|||
Kurang
tepat
|
1
|
|||
Unsur
Kebahasaan
|
Sangat
Tepat
|
3
|
||
Tepat
|
2
|
|||
Kurang
Tepat
|
1
|
|||
Total
Skor
|
||||
Keterangan
:
Nilai
Akhir = Nilai Perolehan : Total Skor X 100
|
b) Rubrik Penilaian
Keterampilan (Praktik/Kinerja)
Kriteria
|
Deskripsi
|
Rentang
Skor
|
Skor
Perolehan
|
Mendeskripsikan
secara lisan
|
Lancar
mencapai fungsi social, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
(88-100)
|
|
Lancar
dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
(76-88)
|
||
Sesekali
melihat teks, kosa kata terbatas, tapi lancar
|
(61-75)
|
||
Membaca
script, kosa kata terbatas, dan tida lancar
|
(0-60)
|
||
Jumlah
|
|||
Menulis
Teks
|
Fungsi
social tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat disertai gambar yang
menarik
|
(89-100)
|
|
Fungsi
social tercapai, struktur tepat, dan unsur kebahasaan ada yang kurang tepat,
ada gambar cukup menarik
|
(76-88)
|
||
Fungsi
social tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat, ada gambar
|
(61-75)
|
||
Fungsi
sosial, ppenggunaan kata, kalimat dan struktur tidak sesuai, tidak ada gambar
|
(0-60)
|
||
Jumlah
|
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran
Remedial diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM berupa Pembelajaran
ulang atau Penugasan terkait Grammar dan tatabahasa.
Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran
Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai KKM berupa Penugasan
mendeskripsikan seseoarang yang menjadi idolanya.
Sarimatondang, Agustus 2018
Mengetahui :
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
Drs. Eden Purba M.Pd
Christina P.
Situmorang, S.Pd
NIP. 19600628 198811 1 001
NIP. 19890725 201505 2 002
No comments:
Post a Comment