Tuesday, January 8, 2019

KOMPETENSI PEDAGOGI: ASSIGNMENT M5 KB4




ASSIGNMENT M 5 KB 4
1.      Minister of Education and Culture Regulation No. 22 of 2016 concerning the standard of the learning process; review the minimum lesson plan’s components! And compare with the example of lesson plan, write down the conclusions from your observations! (Score: 40)
2.      In an effort to develop the ability of teachers to develop lesson plan, you are asked to watch the 2017 RPP drafting guide in the video. Next, arrange lesson plan for 1 basic competency (KD). (Score: 60)


Answer for Question No. 1:
Components of the Lesson Plan
Minister of Education and Culture Regulation Number 22 Year 2016 concerning Standard Processes for Primary and Secondary Education mentions the components of the Lesson Plan are as follows:
a)      school identity, namely the name of the educational unit;
b)      identity of subjects or themes / sub-themes;
c)      class / semester;
d)     subject;
e)      time allocation is determined according to the requirements for basic competency achievement and learning burden by considering the number of lesson hours available in the syllabus and basic competencies that must be achieved;
f)       learning objectives that are formulated based on Basic Competence, using operational verbs that can be observed and measured, which includes attitudes, knowledge, and skills;
g)      basic competencies and indicators of achievement of competencies;
h)      learning material, contains facts, concepts, principles and procedures that are relevant, and written in the form of items in accordance with the formulation of competency indicators;
i)        learning method, used by educators to realize the learning atmosphere and learning process so that students achieve Basic Competencies that are tailored to the characteristics of students and Basic Competencies to be achieved;
j)        learning media, in the form of learning process aids to convey learning material;
k)      learning resources, can be in the form of books, print and electronic media, the environment, or other relevant learning resources;
l)        the learning steps are carried out through the preliminary, core and closing stages; and
m)    assessment of learning outcomes.
Answer for Question No. 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMP Negeri 1 Sidamanik
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII/2
Materi Pokok                          : Teks Fungsional;Teks Deskriptif (orang)
Alokasi Waktu                        :10 X 40 Menit ( 5 Pertemuan @80’)

A. Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

3.7.1 Menentukan Fungsi Sosial Teks 
          Deskriptif
-          tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
-          fokus yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
-          pembaca yang akan tertarik membaca masing- masing deskripsi,
-          manfaat yang dapat dipetik dari masing- masing deskripsi.

3.7.2 Menentukan Struktur teks Deskriptif
-          nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,
-          karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
-          kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,
-          aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh

3.7.3 Mengidentifikasi Unsur kebahasaan
         Teks deskriptif
-          makna kata dan ungkapan tertentu (verba)
-          nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
-          tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
-          ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,
-          ejaan dan tanda baca yang benar,
-          tulisan tangan yang rapih dan benar


4.7 Teks Deskriptif
4.7.1  Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
4.7.1.1  Membaca secara nyaring dan 
             bermakna, teks Deskriptif pendek
             dan sederhana denga lafal dan ejaan
             yang berterima
4.7.1.2  Menngidentifikasi berbagai informasi
             dari teks Deskriptif yang didengar  
              dengan mengisi tabel yang disiapkan
4.7.2
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.7.2.1  Mengomunikasikan secara lisan dan
             sederhana tentang deskripsi orang 
             (termasuk diri sendiri), tokoh, untuk
             tujuan membanggakan
             /mengenalkan, secara kontekstual
             dengan memperhatikan aspek fungsi
              sosial, struktur teks dan unsur
              kebahasaan

4.7.2.2  Mengomunikasikan secara tertulis
            dan sederhana tentang deskripsi orang   
            (termasuk diri sendiri), tokoh, untuk
            tujuan membanggakan /mengenalkan,
            secara kontekstual dengan
            memperhatikan aspek fungsi sosial,
            struktur teks dan unsur kebahasaan

Nilai Karakter yang ditanamkan/ditumbuhkan:
Kedisiplinan, Percaya Diri dan Tanggung Jawab



C. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      menentukan tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
2.      menentukan fokus yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
3.      menentukan pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,
4.      menyebutkan manfaat yang dapat dipetik dari masing-masing deskripsi
5.      menulis kembali teks dengan tulisan tangan yang rapih dan benar
6.      Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

Pertemuan Kedua
Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      menyebutkan nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,
2.      menentukan karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
3.      menyebutkan kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,
4.      menentukan aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh
5.      Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

Pertemuan Ketiga
Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      menentukan makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
2.      menggunakan tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
3.      mengucapkan kalimat dengan ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,
4.      menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar,
5.      bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

.
Pertemuan Keempat
Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      Membaca secara nyaring dan bermakna, teks Deskriptif pendek dan sederhana denga lafal dan ejaan yang berterima
2.      Mengidentifikasi berbagai informasi dari teks Deskriptif yang didengar dengan mengisi tabel yang disiapkan
3.      Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab

Pertemuan Kelima
Melalui serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      Mengomunikasikan secara lisan dan sederhana tentang deskripsi orang (termasuk diri sendiri), tokoh, untuk tujuan membanggakan /mengenalkan, secara kontekstual dengan memperhatikan aspek fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
2.      mengomunikasikan secara tertulis dan sederhana tentang deskripsi orang (termasuk diri sendiri), tokoh, untuk tujuan membanggakan /mengenalkan/mengambil teladan, secara kontekstual dengan memperhatikan aspek fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
3.      Bersikap disiplin, percaya diri, dan tanggung jawab.

D. Materi Pembelajaran

Materi Pembelajaran Reguler
Beberapa teks deskriptif pendek dan sederhana, lisan dan tulis tentang orang/tokoh yang berbeda, yang memuat tiga aspek teks berikut ini, secara kontekstual dan terintegrasi
1. Fungsi sosial
-          tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
-          fokus yang dibicarakan dalam masing-masing deskripsi,
-          pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,
-          manfaat yang dapat dipetik dari masing-masing deskripsi.

2. Struktur teks
-          nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,
-          karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
-          kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing- masing orang/tokoh,
-          aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing-masing orang/tokoh

3. Unsur kebahasaan
-          makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
-          tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.),
-          ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,
-          ejaan dan tanda baca yang benar,
-          tulisan tangan yang rapih dan benar

Materi Pengayaan
Unsur kebahasaan
-          makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
-          tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.

Materi Remedial
Unsur kebahasaan
-          ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar,
-          ejaan dan tanda baca yang benar,
-          tulisan tangan yang rapih dan benar

E. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik (Scientific Approach)
5 M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)

F. Media/alat dan Bahan
o   Media/Alat : Video deskripsi seseorang, laptop, LCD, realia, gambar
o   Teks: autentik atau mendekati autentik

G. Sumber Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa Inggris, When English Rings The Bell, SMP/Mts Kelas VII, hal 149 sd 176, edisi revisi dan sumber lain yang sesuai

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2JP)

Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

Guru:
-          mengucapkan salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-          mengecek kehadiran siswa, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-          bertanya jawab tentang deskripsi (a.l. nama, karakteristik, kebiasaan) orang
-          menyebutkan tujuan pembelajaran
-          menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti
Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
-          menyimak secara interaktif guru membacakan beberapa teks (sedikitnya 3), satu per satu (siswa tidak membaca teks),
-          bertanya jawab tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari masing-masing teks secara umum, sekilas,
-          menulis ketiga teks, satu per satu, secara lengkap dengan didektekan guru secara terbimbing
-          mempresentasikan hasil tulisannya ke seluruh kelas (misal, dengan dipampang di dinding)
-          memberi masukan terhadap hasil tulisan kelompok lain
-          memasukkan hasil tulisannya ke dalam file portofolio
Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara lisan dan tulis.
60’
Kegiatan Penutup

Siswa dan guru:
-          membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
-          membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-          menyimpulkan hasil pembelajaran
-          mengkordinasikan tugas rumah untuk membaca teks yang ditulisnya dengan ucapan dan intonasi yang benar
-          menyampaikan kegiatan dan topik rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
-          mengucapkan salam sesuai budaya sekolah.
10’
2. Pertemuan ke - dua (2 JP)

Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

Guru:
-          mengucapkan salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-          mengecek kehadiran, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-          mereview pembelajaran yang lalu
-          menyebutkan tujuan pembelajaran
-          menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti
Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
-          dalam kelompok, siswa saling membacakan masing-masing teks yang telah ditulisnya pada pertemuan yang lalu secara lisan dengan memperhatikan kebermaknaan, intonasi, ucapan, dan tekanan kata
-          bertanya jawab secara rinci tentang fungsi sosial (tujuan, topik, pembaca sasaran dan manfaat) teks-teks yang telah dibaca tersebut, satu per satu, untuk diisikan ke dalam tabel.

Funsi Sosial
Text 1
Text 2
Text 3
Focuses/Topics



Target Reader



Things Learned




-          mempresentasikan hasil analisis tertulis kelompok ke seluruh kelas (misal, dengan dipampang di dinding)
-          memberi masukan terhadap hasil presentasi kelompok lain
-          memasukkan hasil analisisnya ke dalam file portofolio

Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara lisan dan tulis.

60’
Kegiatan Penutup

Siswa, dan guru:
-          membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
-          membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-          menyimpulkan hasil pembelajaran
-          mengkordinasikan tugas rumah (tentang struktur teks) berupa tugas kelompok: menyebutkan nama, ciri-ciri, pekerjaan/jabatan/ kegiatan/kebiasaan, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya, satu per satu, dan memasukkannya ke dalam tabel.



Text 1
Text 2
Text 3
Names



Characters



Habits



Jobs/Works



Others



10’





Pertemuan ke - tiga (2 JP)
Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

Guru:
-          mengucapkan salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-          mengecek kehadiran, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-          menyebutkan tujuan pembelajaran
-          menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti
Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
-          mempresentasikan secara lisan hasil analisis tertulis kelompok ke seluruh kelas (misal, dengan dipampang di dinding)
-          bertanya dan memberi masukan terhadap hasil presentasi kelompok lain terkait pilihan kata, ungkapan, tata bahasa, ejaan dan tanda baca.

Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara clisan dan tulis.
60’
Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru:
-          melakukan refleksi pembelajaran yang baru diselesaikan dengan pertanyaan:
a)      Kamu belajar apa hari ini?
b)      Kamu belajar apa dari temanmu hari ini?
c)      Apa yang kamu sukai dari pelajaran hari ini?
-          membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
-          menyimpulkan hasil pembelajaran
-          menkordinasikan tugas rumah berupa tugas individu untuk memperbaiki hasil analisis masing-masing berdasarkan masukan dari guru dan teman pada hari itu, dan kemudian memasukkannya ke dalam file portofolio
-          - menyampaikan kegiatan dan topik rencana pembelajaran pertemuan berikutnya: belajar unsur kebahasaan untuk mendeskripsikan orang/tokoh.
10’

Pertemuan ke - empat (2 JP)
Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

Guru:
-          mengucapkan salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah.
-          mengecek kehadiran, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-          mengecek tentang portofolio sebagaimana ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
-          menyampaikan tujuan pembelajaran
-          menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti
Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru: Belajar secara terfokus tentang unsur kebahasaan yang menjadi penciri teks deskriptif:
-          Membaca nyaring dan bermakna teks deskripsi yang telah dipelajari
-          mengolah informasi yang terdapat dalam teks deskriptif yang telah dibaca dan menuliskannya dalam format yang disediakan (format data pribadi)
-          Menggunakan artikel a dan the untuk menyebutkan pekerjaan, profesi, dll.
-          Menggunakan be dan have dalam simple present tense untuk menyebutkan ciri-ciri fisik/psikis/mental
-          Menggunakan simple present tense untuk menyebutkan kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin, dsb.
-          Memasukkan hasil analisis dalam file porto folio.

Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan  unsur kebahasaan yang digunakan secara clisan dan tulis.

60’
Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru:
-          membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan,
-          membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran,
-          menyimpulkan hasil pembelajaran,
-          mengordinasikan tugas rumah untuk membuat draft untuk mendeskripsikan dua orang atau tokoh yang dapat dibanggakan untuk dibawa pada pertemuan berikutnya.
-          saling berucap salam sesuai budaya sekolah

10’
Pertemuan Ke - lima ( 2 JP)
Langkah Pembelajaran

Deskripsi

Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

Guru:
-          mengucapkan salam dan tegur sapa sesuai budaya sekolah
-          menunjukkan kehadirannya, berdoa, menyiapkan suasana belajar yang kondusif
-          menyampaikan tujuan pembelajaran
-          menyebutkan kegiatan belajar yang akan dilakukan

10’
Kegiatan Inti
Selama proses pembelajaran di kelas, siswa berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman, dan memanfaatkan bimbingan guru:
-          menulis deskripsi seseorang berdasarkan gambar
-          mendeskripsikan secara lisan orang berdasarkan gambar
-          menempelkan hasil karyanya di dinding
-          saling membaca dan memberi komentar dan masukan untuk perbaikan tulisan masing-masing.

Selama proses pembelajaran senantiasa mendapatkan masukan dan balikan dari guru/teman untuk meningkatkan penguasaan unsur kebahasaan yang digunakan secara lisan dan tulis.
60’
Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru:
-          membahas manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan,
-          membahas kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran,
-          menyimpulkan hasil pembelajaran,
-          membahas bentuk tes hasil belajar yang akan diberikan,
-          mengkordinasikan tugas rumah: memperbaiki draf tulisan masing- masing yang sudah mendapat komentar dan balikan dari teman- temannya, untuk membuta draftkemudian memasukkannya ke dalam dokumen portofolio masing-masing,
-          pembelajaran pertemuan berikutnya.
-          Saling berucap salam sesuai budaya sekolah

10’

I.                   Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian otentik

o   Sikap : Observasi
o   Pengetahuan : penggunaan rubrik untuk mengukur ketercapaian fungsi sosial, kelengkapan dan keruntutan struktur teks, dan ketepatan unsur kebahasaan yang tampak pada proses dan hasil belajar.
o   Keterampilan : Unjuk kerja dalam bentuk tindakan komunikatif lisan dan karya tertulis
-          Praktik membaca nyaring
-          Tugas tertulis mendeskripsikan orang

2. Instrumen penilaian untuk tes tertulis
Kisi-Kisi dan Soal (contoh)
Indikator
Soal
Teknik/Bentuk Peniaian
Fungsi sosial
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) tujuan dari beberapa teks pendek dan sederhana tentang orang/ tokoh yang berbeda,
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) fokus yang dibicarakan dalam masing- masing deskripsi,
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) pembaca yang akan tertarik membaca masing-masing deskripsi,
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) manfaat yang dapat dipetik dari masing- masing deskripsi.

Read the text and answer the questions below.
1. What is the text written for?

2. What is the text about?

3. Who would like to read the text?

4. What can you learn from the person/character?


Struktur teks
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) nama orang/tokoh, pekerjaan/jabatan/perannya, serta orang-orang lain yang terkait serta pekerjaan/jabatan/perannya,
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) karakteristik fisik/psikis/personal lainnya dari masing-masing orang/tokoh,
-          menentukan (menyebutkan
-          lisan/tulis, memilih) kebiasaan/pekerjaan/kegiatan rutin/tertentu yang menjadi penciri masing-masing orang/tokoh,
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) aspek lain yang dipaparkan untuk mendeskripsikan masing- masing orang/tokoh

5. This statement is most likely about ... (nama orang/tokoh)

6. The text is concerned about ... (beberapa aspek) of the person/character.

7. What does the character do for a living?


Unsur kebahasaan
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) makna kata dan ungkapan tertentu (verba, nomina, adjectiva, adverbia, frasa),
-          menentukan (menyebutkan lisan/tulis, memilih) tata bahasa (kalimat, klausa, verba, nomina, konjungsi, dll.)

The word ... is closest in meaning to ...?





3. Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
a) Rubrik Penilaian Pengetahuan:
ASPEK
KRITERIA
SKOR
Jumlah Soal
Skor Perolehan
Isi
Sangat Sesuai
3


Sesuai
2


Kurang Sesuai
1


Struktur Teks
Benar dan Tepat
3


Benar tapi Kurang Tepat
2


Kurang tepat
1


Unsur Kebahasaan
Sangat Tepat
3


Tepat
2


Kurang Tepat
1


Total Skor




Keterangan :
Nilai Akhir = Nilai Perolehan : Total Skor X 100

b) Rubrik Penilaian Keterampilan (Praktik/Kinerja)
Kriteria
Deskripsi
Rentang Skor
Skor Perolehan
Mendeskripsikan secara lisan
Lancar mencapai fungsi social, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
(88-100)

Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
(76-88)

Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas, tapi lancar
(61-75)

Membaca script, kosa kata terbatas, dan tida lancar
(0-60)

Jumlah


Menulis Teks
Fungsi social tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat disertai gambar yang menarik
(89-100)

Fungsi social tercapai, struktur tepat, dan unsur kebahasaan ada yang kurang tepat, ada gambar cukup menarik
(76-88)

Fungsi social tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat, ada gambar
(61-75)

Fungsi sosial, ppenggunaan kata, kalimat dan struktur tidak sesuai, tidak ada gambar
(0-60)

Jumlah



Pembelajaran Remedial
Pembelajaran Remedial diberikan kepada siswa yang belum mencapai KKM berupa Pembelajaran ulang atau Penugasan terkait Grammar dan tatabahasa.
Pembelajaran Pengayaan
Pembelajaran Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai KKM berupa Penugasan mendeskripsikan seseoarang yang menjadi idolanya.


                                                                                              Sarimatondang,      Agustus 2018
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran,                                       



Drs. Eden Purba M.Pd                                                           Christina P. Situmorang, S.Pd
NIP. 19600628 198811 1 001                                                  NIP. 19890725 201505 2 002

No comments:

Post a Comment